Asuransi syariah diindonesia

Asuransi syariah diindonesia

Asuransi syariah  diindonesia yang wajib kita ketahui 


Asuransi syariah adalah perjanjian maupun pertanggungan antara dua orang atau lebih secara bersama. Misalnya pihak yang satu terkena bencana dan akan menerima pembayaran tertentu sedangkan pihak yang lain akan melakukan atau membayar iuran yang telah ditentukan waktu dan jumlahnya.

Tujuan asuransi syariah adalah sebagai kepentingan bersama melalui dengan membayar iuran yang dikoordinir oleh penanggungjawab asuransi.

Asuransi syariah diindonesia telah banyak yang membukanya karena akan memberikan manfaat yang begitu banyak diantaranya :

1.Agar setiap orang dapat saling tolong menolong antar sesama.2.Memberikan perlindungan dari resiko kerugian yang diderita oleh salah satu pihak.3.Sebagai tabungan seseorang karena jumlah yang dibayarkan kepada pihak asuransi akan dikembalikan kepada seseorang yang menabung tadi jika telah berhentinya akad.4.Sebagai pemerataan biaya seseorang, jika seseorang mengalami kerugian tidak perlu menanggung sendiri serta tumbuhnya rasa solidaritas dan pertanggungjawaban atas sesama orang.

Adapun perbedaan antara asuransi  syariah dan konvensial adalah :

Asuransi syariah :

Adanya asuransi syariah dibangun dengan cara kerja sama, saling tolong menolong, tidak memikirkan bisnis atau keuntungan materi semata.

Asuransi syariah bersifat mudhorobah

Asuransi konvensial :

Asuransi konvensil adanya akad mu'awadhah akad yang didalamnya merupakan kedua belah pihak yang berakad dan mengambil pengganti dari apa yang telah diberikan.

Adanya akad gharar yaitu dua orang yang telah melakukan akad menjadi penanggung maupun tertanggung pada saat waktu melangsungkan akad yang tidak mengetahui jumlah yang diberikan maupun diambil.

Jika ada yang dipertayakan silahkan komentar dibawah ini

Emoticon